Kamis, 06 Mei 2010

CONTOH JENIS-JENIS PERTANYAAN DALAM WAWANCARA (5W + 1H)

Berikut adalah salah satu contoh wawancara yang saya lakukan di salah satu Mall di Makassar… yakni Mall Ratu Indah (MARI). Pada kali ini saya berkesampatan mewawancarai seorang cleaning servis.
1. Siapa nama Anda?
Jawab : Junaedi

2. Di mana anda tinggal ?
Jawab: saya tinggal di Jl. Sultan Alauddin

3. Apakah anda sudah berkeluarga?
Jawab: Belum. Sekarang saya masih lajang dan belum ada rencana untuk berumah tinggi.

4. Berapa jumlah suara anda?
Jawab: Saya anak kedua dari 4 bersaudara

5. Mengapa anda memilih profesi ini?
Jawab: Kartena saya fikir,, pekerjaan ini dapat membantu saya dalam membiayai pendidikan saya. Walaupun mungkin jumlahnya tidak terlalu banyak,, tapi setidaknya dapat sedikit membantu dan meringankan bebab kedua orangtuaku. Apalagi di zaman seperti sekarang ini,, pekerjaan sangat susah di cari. Dan saya rasa pekerjaan ini cukup menarik.

6. Maaf,, kalau boleh tahu berapa penghasilan anda setiap bulannya??
Jawab: Rp. 800.000

7. Kapan pertama kalinya anda berprofesi sebagai cleaner?
Jawab: Pada bulan November 2008

8. Sudah berapa lama anda bekerja di tempat ini?
Jawab: Sekitar 9 bulan.

9. Di mana pertama kalinya anda bekerja sebagai cleaner?
Jawab: Ya…. Di tempat ini MARI.

10. Berapakah usia anda saat ini?
Jawab: 20 tahun

11. Di manakah anda kuliah?
Jawab: Sekarang saya kuliah di UNM jurusan ekonomi.

12. Apa ada suka duka anda selama bekerja di tempat ini?
Jawab: Kalau sukanya pas tanggal satu,, yakni gajian. Di samping itu,, saya juga bisa mendapatkan banyak pengalaman dan pengetahuan dalam bidang ini.
Trus,, kalau dukanya… pada saat pekerjaan sudah menumpuk. Belum lagi tugas dari dosen yang mesti diselesaikan. Jadi,, sulit untuk membagi waktu.

13. Apakah manfaat yang anda peroleh dari pekerjaan ini?
Jawab: Dengan pekerjaan ini,, saya bisa lebih mengerti mengenai bagaimana cara tersenyum dengan baik dan sopan,, bersikap ramah kepada orang lain,, dan bagaimana cara membersihkan dengan baik. Di samping itu,, saya merasa mandiri karena sudah tidak bergantung lagi pada orang tua dan merasa berguna dan dibutuhkan oleh orang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar