Kamis, 06 Mei 2010

.....MANFAAT WAWANCARA...........:))

Hari ini merupakan pembahasan terakhir tentang wawancara pada pelajaran bahasa Indonesia. Minggu lalu tepatnya hari kamis 30 July 2009 saya telah mewawancarai seorang cleaner di Mall Ratu Indah. Saya kesana bersama dengan teman-teman,, yakni fyta,, Edha,, Cahya,, Echii,, QiQi,, Melda,, Anggi,, Yumna,, serta Iis anak XI IPA 3. Saya bahagia,, senang,, dan lega sudah melaksanakan tugasku.

Apakah manfaat wawancara bagiku? Ternyata,, wawancara itu banyak sekali manfaatnya. Hanya dengan modal Rp.10.000 kita bisa mendapatkan keuntungan yang lebih dari itu,, Jika kita mau. Kalau kita memasukkan opini/cerpen atau cerita lainnya berdasarkan data yang kita peroleh dari wawancara ke media cetak,, kita bisa mendapatkan keuntungan kurang lebih Rp. 300.000. Hanya dengan modal kecil kita bisa mendapatkan banyak keuntungan.

Menurut cerita dari pak Muslimin,, 3 orang terkaya di sulsel,, yakni Yusuf Kalla,, Alwi,, dan Aksa Mahmud bisa sukses seperti sekarang ini karena mereka itu dulunya seorang reporter. Mereka adalah tiga sahabat dan satu tim dalam memulai karirnya. Mereka memulai karirnya mulai dari bisnis kecil-kecilan,, yakni cukur rambut.
Tapi,, bisnis itu gagal. Karena di tahun 70-an gaya rock and roll lagi trennya. Sehingga mereka masih memelihara rambut gondrongnya. Orang-orang pada tahun itu,, rata-rata memotong rambutnya sekali 6 bulan. Jadi,, karena itulah mereka gagal. Tapi,, mereka terus berusaha. Sampai akhirnya mereka menjadi orang sukses.

Dari tugas ini,, saya dapat banyak manfaat. Ternyata,, dari bisnis kecil-kecilan…kita dapat mendapatkan sesuatu yang sangat memuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar